Mode Jaringa Pada Oracle VM VirtualBox

MODE JARINGAN PADA ORACLE VM VIRTUALBOX



Pada saat kalian sudah membuat Virtual Machine dan sudah diinstal sebuah Operating System kalian memang tidak harus mengatur mode jaringan karena bersifat opsional. Akan tetapi ketika kalian ingin mengkonfigurasi jaringan, kalian perlu memilih mode jaringan pada VirtualBox. Untuk mengkonfigurasi mode jaringan kalian pilih Virtual Machine yang akan diubah mode jaringannya lalu kemudian masuk ke settimg lalu network. Di sana terdapat empat adapter dan ada attached to untuk memilih mode jaringan yang akan dipakai oleh Virtual Machine. Di sana ada tujuh pilihan seperti gambar di bawah ini.


1. Not attached (Tidak Terpasang)

Pada pilihan ini berarti Virtual Machine kalian telahh mempunyai kartu jaringan tetapi tidak ada koneksi yang terjadi pada kartu jaringan. Ini seperti sebuah komputer yang sudah memiliki kartu jaringan tetapi tidak ada kabel jaringan yang terhubung dengan komputer tersebut.

2. NAT (Network Address Translation)

NAT (Network Address Translation) merupakan sebua tipe virtual network default di VirtualBox. Jadi ketika kalian sudah membuat Virtual Machine yang sudah terinstal Operating System maka Virtual Machine tersebut otomatis memiliki mode jaringan NAT. Fungsi NAT yaitu, dapat terhubung langsung ke OS Host (OS pada komputer utama) dan memungkinkan bila OS Host memiliki koneksi internet maka OS Guest (OS pada Vitual Machine) secara langsung mendapat koneksi internet tanpa harus melakukan setting terlebih dahulu. NAT juga bisa menghubungi atau ping ke OS Host tetapi tidak sebaliknya.

3. NAT Network (Jaringan NAT)

Mode NAT Network atau jaringan NAT ini baru dikenalkan pada VirtualBox versi 4.3. Mode jaringan ini memungkinkan jaringan seperti halnya router rumahan, pengelompokan sistem jaringan dan dapat mencegah sistem dari jaringan luar.

4. Bridged Adapter 

Dalam mode jaringan Bridged Adapter ini memungkinkan OS Guest (OS pada Virtual Machine) untuk mengirim maupun menerima sebuah data ke jaringan fisik. Jadi OS Guest (OS pada Virtual Machine) dan OS Host(OS pada komputer utama) adalah dua komputer berbeda yang terhubung ke dalam jaringan yang sama. Bila OS Host memiliki lebih dari satu Ethernet maka kalian harus memilih/mengatur ke jaringan mana OS Guest (OS pada Virtual Machine) akan disambungkan. IP yang diatur di Virtual Macihne harus satu kelas dan subnet sama dengan OS Host (OS pada komputer utama).

5. Internal Network (Jaringan Internal)

Internal Network atau dalam bahasa indonesia ya kalian pasti sudah tau jadi tidak usah hehehe. Dalam mode jaringan ini memungkinkan kalian untuk membuat beberapa OS Guest (OS pada Virtual Machine) baru saling terhubung secara internal. Jadi maksudnya adalah ketika kalian membuat dua atau lebih Virtual Macine pada VirtualBox supaya saling terhubung maka menggunakan mode jaringan ini. Akan teteapi, mode jaringan Internal Network bersifat internal (terisolasi dari dunia luar) sehingga OS Guest (OS pada Virtual Machine) tidak Bisa mengakses OS Host (Os pada kompuet utama) dan juga sebaliknya.

6. Host-Only Adapter

Pada mode jaringan ini OS Guest (OS pada Vitual Machine) bisa mengakses OS Host (OS pada komputer utama) dan sebaliknya OS Host (OS pada komputer utama) bisa mengakses OS Guesst (OS pada Virtual Machine). OS Guest (OS pada Virtual Machine) dan OS Host (OS pada komputer utama) berada dalam satu jaringan yang sama menggunakan Ethernet berbasis software.

7. Generic Driver 

Mode jaringan Generic Driver adalah mode yang dapat memungkinkan pengguna  untuk memilih driver yang disertakan dengan VirtualBox atau didistribusikan dalam paket ekstensi.


oke sekian beberapa mode jaringan pada Oracle VM VirtualBox, semoga bermanfaat.
Share on Google Plus

About Afakhan

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar