Jenis Hard Drive pada VirtualBox (VDI, VMDK, VHD)

Jenis Hard Drive Pada VirtualBox (VDI, VMDK, VHD)





Ya pada saat kalian mebuat Virtual Machine di VirtualBox kalian diharuskan mengatur jenis penyimpanan yang akan kalian gunakan di Virtual Machine yang akan dibuat. Mungkin kalian ada yang belum mengetahui tentang jenis penyimpanan yang disuguhkan oleh VirtualBox. Oleh karena itu, kali ini saya akan sedikit membahas tenntang jenis penyimpan pada saat akan membuat Virtual Machine.




1. VDI (Virtual Disk Image)

     VDI merupakan format virtual drive yang digunakan oleh VirtualBox, progam virtualisasi dekstop open-source, dapat dipasang diberbagai Operating System seperti Mac, Windows, dan Platform Unix, memungkinkan pengguna untuk menjalankan program yang ditulis untuk sistem operasi yang berbeda dalam lingkungan virtual kecepatan tinggi.

2. VHD(Virtual Hard Disk)
    
    VHD merupakan file gambar Hardisk yang digunakkan oleh Microsoft Windowss Virtual PC, yang berfungsi menyimpan data dalam file tunggal yang bertindak sebagai harddisk individu. VHD dapat digunakkan untuk menginstal beberapa sistem operasi pada satu komputer, program perangkat lunak uji coba, atau menjalankan aplikasi yang lebih tua.

3. VMDK (Virtual Machine Disk)
   
    VMDK merupakan virtual disk yang menyimpan isi dari mesin virtual hard disk VMware dapat diakses sebagai harddisk fisik dengan software VMware. biasanya bernama "[vmname] vmdk;." Mungkin diatur pada ukuran yang tetap atau dikonfigurasi untuk tumbuh vdari waktu ke waktu menggunakan Virtual Disk Manager VMware.

Saya menggunakan VirtualBox versi5.2.6 dan yang ada hanya tiga pilihan di atas, saya tidak tahu apakah faktor dari komputer saya atau Virtualboxnya. Sekian dari pengertian jenis Hard Drive pada Oracle VM VirtualBox.
Share on Google Plus

About Afakhan

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar